Selasa, 14 Maret 2017

Windows 10 mobile upgrade

Upgrade atau tidak ????
Saya jadi teringat tentang kisah saya sekitar 8 bulan yang lalu bersama Android. Waktu itu saya juga mengalami dilema yang sama. Saya pengguna Treq Tune Z2, hp android murah tapi tidak murahan. Ttz2 yang harganya tidak sampai 400ribu. Dengan prosesor dual core 1,2ghz dan ram hanya 512 mb. Berjalan di OS Android 4.2.1 Jelly bean. Tetapi mendapat upgrade ke OS Android 4.4.2 Kitkat.
Saya sempat bingung karena menurut teman teman saya di grup TTZ2 versi kitkat mengalami beberapa bug, terutama di sinyal dan baterei. Saya pun sempat mengurungkan niat untuk hijrah ke kitkat. Tetapi setelah berputar putar mencari informasi di mbah Gugel. Os android paling ringan untuk ram 512mb adalah versi 4.4.2 kitkat.
Akhirnya dengan modal sebongkah keyakinan saya melakukan upgrade untuk Treq Tune Z2 saya. Saya download firmware nya. Muter muter cari driver nya. Ekstrak sana sini, pindah sana sini. Dan ternyata tidak semudah tutorialnya. Tetapi akhirnya berhasil, dan Ttz2 saya diversi kitkat berjalan mulus tanpa kendala. Nggak ada bug yang diceritain orang orang. Mulus kinerjanya pun bila dibandingkan seri andromax A dan E2 juga tidak kalah. Hp juga tidak panas. So,,,, Treq tune z2 versi kitkat .... It’s work better than before.

Kisah dilema tentang Upgrade saya temukan kembali di tahun 2017 ini. Disini bukan OS Android melainkan Windows phone besutan raksasa komputer Microsoft. Windows phone 8.1 atau Windows 10 Mobile. Begitulah judulnya, mana yang akan saya pilih.
Saya yang tergabung dalam grup fb Komunitas windows phone Indonesia mencari informasi kepada teman-teman sesama anggota grup. Ada sebagian berpendapat 8.1 tetap yang terbaik. Tetapi sebagian lagi bilang w 10 jauh lebih keren. Saya jadi bingung sendiri, apalagi minggu lalu saya baru saja putus dengan pacar ( malah curhat jadinya hehhehe) membuat saya jadi galau, gundah gulana.
Tetapi akhimya dengan modal “ SENG PENTING YAKIN” saya melakukan upgrade ke windows 10 untuk device Lumia 540. Dan ini adalah cara saya melakukan upgrade.
Proses upgrade terdiri dari beberapa tahapan.
1. Searching ( mencari informasi )
2. Pre upgrade ( persiapan )
3. Upgrade
4. Update
Langsung saja kita mulai upgrade ke Windows 10 mobile versi saya hehehe. Ini yang saya lakukan sendiri.
# Alat dan bahan
Ini kayak mau bikin layangan saja hehehe. Yang diperlukan adalah : Laptop dan kabel data. Hp yang mau di upgrade. Koneksi internet yang stabil.
# Pre Upgrade
Buka laptop dan download Windows Device Recovery Tools. Ini untuk jaga jaga siapa tahu terjadi sesuatu, maksudnya gagal proses. Kemudian hp Wp dicas sampai penuh.
# Backup

Ini penting backup semua file file penting. Bisa dipindah ke komputer atau hp lain.
# Reset your phone
Yang selanjutnya adalah dengan mereset hp agar kembali ke pengaturan awal. Ini agar kita mendapatkan Windows 10 yang benar benar fresh.
# Download Upgrade Visitor
Setelah hp kembali menyala, atur sedikit akun kita kemudian pergi ke Store. Dan download upgrade visitor.
# Cek file dan format kartu memori
Setelah men-download upgrade visitor jangan langsung melakukan upgrade. Kita cek dulu kondisi kartu memori apakah bermasalah atau tidak. Ini penting karena memori internal dan memori eksternal saling berhubungan. Jadi seandainya memori eksternal bermasalah tentu akan mempengaruhi kinerja internal memori. Cara mengecek dengan membuka beberapa foto. Setelah dicek , format kartu memori.
# Jalankan upgrade visitor
Buka upgrade visitor, ikuti langkah langkah nya dan centang eneable Windows 10. Dan proses downlod firmware pun berjalan. Proses downlod akan berlangsung cukup lama tergantung koneksi internet.
# Instailing
Setelah terdownload selanjutnya adalah proses instal. Penting untuk mengecek kondisi baterei. Bila baterei hanya tersisa 50% sebaiknya sambil di cas. Proses ini juga cukup lama.
# Welcome to Windows 10 Mobile
Setelah proses yang cukup panjang dan menyita kesabaran sekarang device telah berada di windows 10. Saya menyarankan untuk mematikan hp dan mendiamkannya minimal 30menit. Ini bertujuan untuk mengistirahatkan prosessor setelah proses reinkarnasi ( upgrade) yang cukup panjang dan menguras tenaga.
# Update
Hidupkan hp , tetapi jangan langsung mengatur Start Screen. Yang perlu di lakukan adalah pergi ke Store untuk melakukan update. Jadi begini ibarat kata kamu sudah punya rumah baru tetapi perabotan rumah mu masih nggak uptudate. Saya sarankan untuk mengupdate aplikasi aplikasi inti dahulu. Misalnya wimdows camera, clock, people, network, calender, dll. Sedangkan aplikasi pendukung seperti Skype, fb ,Office, dsb nanti dulu.
# Setting hp
Setelah proses update kamu bisa mengatur ponsel kamu. Dari notifikasi , lockscreen, hingga start screen.


Setelah proses panjang lebar akhirnya ponsel kita berada di Windows 10 Mobile. Di hp lumia 540 saya sama sekali tidak saya temukan kendala atau bug, fast racing katanya hehehe.
Semua berjalan dengan semestinya.
Untuk reivew W10M akan saya tuliskan ditulisan selanjutnya. Semoga device mu juga proses upgrade nya berjalan lancar juga . Amin....


L

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe

Flickr