Rabu, 01 Maret 2017

Kekurangan dan Kelebihan Windows Phone dibanding Android dan Os lain

Menggunakan Windows Phone di " jaman " serba Android seperti sekarang ini tidaklah mudah. Ketidak populeran Windows Phone dibandingkan Android dan IOS adalah penyebabnya. Apalagi di Indonesia dimana promosi Android dilakukan secara besar besaran. Membuat sedikit orang mengenal Windows Phone.
Walaupun begitu ternyata banyak masyarakat yang justru penasaran dengan OS Windows Phone. Dan bermaksud ingin mencoba OS besutan Microsoft tersebut.
Disini saya akan menceritakan pengalaman saya dan beberapa teman saya para pengguna WP. Mungkin bisa membuka mata masyarakat Indonesia yang cenderung "follower" kepada iklan. Agar bisa men tanding bandingkan antara OS Windows Phone dengan OS Android maupun IOS.
Ibarat sebuah koin segala sesuatu itu pasti ada sisi positif dan sisi negatif. Ada kekurangan dan juga pasti ada kelebihan.
Kita mulai dari yang jelek jelek dulu. Maksud saya kita mulai kekurangan WP dibanding OS tetangga.
Kalau kamu memilih menggunakan Windows Phone kamu pasti akan mengalami  hal hal berikut:
1. Di anggap aneh
Ini jelas karena Windows Phone  adalah minoritas dibandingan Andoid ataupun IOS.
2. Di " interogasi " habis habisan
Karena teman teman kamu penasaran dengan pilihan kamu. Mereka akan menanyakan segala sesuatu tentang Windows Phone mu secara mendetail. Dari mulai harga, belinya diman, spesifikasi lengkap , hingga tampilan yang dianggap aneh.
3. Sering dipinjam
Karena teman temanmu penasaran dengan hp mu yang lain dari pada yang lain. Mereka akan sering meminjam hp kamu. Kamu harus memaklumi ya hehehehe.
4. Di bully
Yang ini jelas akan terjadi. Biasanya sih  yang menjadi kambing hitam adalah jumlah aplikasi Windows Phone yang lebih sedikit dibandingkan Android. Banyak orang menganggap Windows phone adalah barang kuno yang tidak canggih. Apalagi spesifikasi windows phone yang masuk kategori biasa biasa saja. Dari sisi game kamu jelas akan dibully karena nggak bisa main COC hehehehehe :)
5. Sulit cari accecoriss
Ini cukup menyusahkan. Saya sempat mengunjungi 10 toko accecoriss didaerah saya. Hanya untuk membeli Tempered glass untuk Lumia saya. Dan itupun tidak ketemu :(
Ya itu adalah kekurangan yang akan kamu alami kalau menggunakan Windows Phone. Jangan sedih dulu ya apalagi sampai nangis baca yang diatas tadi hehehe.
Sekarang kita membicarakan sisi positif atau kelebihan Windows Phone dibandingkan Android misalnya. Ini baik secara fitur, aplikasi,  dan pengalaman penggunaan.
Jika kamu menggunakan Windows Phone kamu akan menemui hal hal berikut :
1. Antimainstream
Siapa sekarang yang menjadi korban "iklan" ya pasti pengguna android. Siapa yang menjadi korban "gengsi" ya itu pengguna Iphone. Saya sering sekali ketemu orang yang sama sekali tidak tau kelebihan smartphone nya. Mereka cenderung lebih memilih mengikuti jejak pilihan teman temannya. Windows Phone jelas memiliki pengguna yang mau memilih perbedaan.
2. Jadi pusat perhatian
Ini akan dialami ketika kamu berada ditempat keramaian. Misal di kendaraan umum, di Bank, di Rumah sakit atau puskesmas. Dimana banyak orang duduk menunggu antrian. Banyak akan sibuk mainin hp masimg masing. Begitu si Windows phone keluar dari kantong atau tas ,,,,, setttttt,,, banyak orang pasti ,, ini pasti ya melirik hehehe. Yang pertama karena desain misalkan kalau kamu pake Lumia yang cenderung desain backcovernya lebih mirip hp mainan. Yang kedua dari sisi tampilan yang kotak kotak tidak biasa.
3. Hemat baterei
Say good bye sama power bank, itulah yang saya alami. Managemen batre di windows phone memang maksimal. Saya menggunakan Lumia 540 dimana batereinya cuma berkapasitas 2200 mah. Di cas penuh pada jam 7 pagi. Dengan internet on terus. Untuk browsing, baca baca berita, sosmed seperti Fb , twitter dan instagram aktif. Bbm, Whatsapp , Line , dan Skype juga aktif. Cuaca aktif, Lokasi aktif, Cortana juga aktif. Sesekali untuk mutar musik dan Video. Beberapa saat main game. Dan hasilnya baterei hp saya bertahan seharian. Baterei saya di kisaran 20-25% pada jam 9,malam . Hahaha OS tetangga mampu nggak ya ?
4. Peka sinyal
Ini hal yang benar benar saya alami. Maklum saya tinggal didaerah rawan sinyal. Daya tangkap sinyal seluler dan wifi pun jauh lebih baik dibandingkan Os lain.
5. Harga murah
Managemen memori pada WP sangat baik, sehingga sebuah perangkat tidak perlu memiliki spesifikasi setinggi langit agar bisa maksimal. Ini menyebabkan harga perangkatnya jauh lebih murah.
6. Live Tiles
Ini adalah tampilan khas Windows Phone. Sebuah killing fiture yang tidak ada di os tetangga. Interaktif dan mudah digunakan. Jauh dari kata  membosankan.
7. Selalu Uptudate
Jujur setelah saya menggunakan Windows Phone saya lebih sering membaca berita. Baik tentang politik , ekonomi, olahraga , dll.
8. Anti nyasar
Karena ada Here maps di windows phone . Peta offline yang bisa digunakan tanpa koneksi internet. Kamu hanya perlu mendownloadnya saja.
9. Aplikasi produktif
Memang jumlah aplikasi kalah dengan Android, tetapi dipenuhi dengan aplikasi pendukung produktifitas nomer satu. Office yang terintegerasi. Pengolahan email yang fleksibel. Kalender dengan managemen yang baik. Dan masih banyak lagi.
10. Hiburan selalu update
Bisa download film gratisan. Bisa download  music terbaru. Dan selalu update game game seru.
11. Cortana
Ini adalah fitur yang paling sering saya gunakan untuk " pamer" hehehe. Ketika saya berada di keramaian saya sering menanyakan tentang cuaca , arah angin, lama perjalanan , dll. Cortana sangat baik dalam melakukan tugas yang kita berikan . Jauh meningggalkan Google Now maupun Siri.
12. Performa menyenangkan
Ini adalah alasan yang sangat wajar. Karena sistem opreasi Windows Phone yang ringan. Membuat jarang sekali mengalami lag.
13. Kenal dengan teknologi baru
Ya misalkan Podcats, Wallet dan sebagainya.
14. Taat pajak
Karena kita tidak bisa menginstal aplikasi diluar Store. Di beberapa aplikasi yg eksklusif kita harus membayarnya. Ini bisa dengan potong pulsa , jadi sangat mudah.
15. Pengembangan diri.
Disaat yang lain hanya sibuk dengan selfie. Menggunakan Windows Phone membuat saya berkembang. Misalkan karena terbiasa ngobrol dengan Cortana , mendengarkan Podcats dan baca berita dalam bahasa inggris. Saya merasa kalau bahasa Inggris saya membaik.

Segala sesuatu itu memang relatif. Apa yang saya tulis itu cerita saya, pengalaman saya.
Setiap orang jelas punya cara pandang yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe

Flickr