Minggu, 26 Februari 2017

Tips menjaga kesehatan saat musim hujan

Ketika musim hujan datang, secara otomatis beberapa kegiatan kita menjadi terhalang. Misalnya kita hendak bepergian kita harus menunta perjalanan karena hujan. Kita juga akan dibebani dengan " barang tambahan " khas musim hujan seperti payung dan jas hujan/ mantol.
Kesehatan juga menjadi sesuatu yang cukup bermasalah dimusim hujan. Sekedar flu, demam, batuk, pilek, dll akan sering ditemui banyak orang. Otomatis pusat kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit akan berubah mendadak serame pasar malem.
Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga kondisi badan saat musim hujan. Berikut ini sekedar tips sederhana, agar kita tetap bugar saat musim hujan.
1. Cukup cairan
Biarpun udara dingin menghinggapi badan. Kita tetap harus mencukupi jumlah cairan tubuh. Ingat 8 gelas air putih setiap hari itu wajib.
2. Pakaian penghangat
Ini penting agar suhu tubuh kita tetap terjaga. Mengenakan jaket tentu sangat efektif saat udara dingin datang.
3. Minuman penghangat
Disini saya menyarankan " wedang jahe ". Tetapi bila wedang jahe kebwtulan sulit didapat teh manis hangat pun tidak masalah.
4. Mandi air hangat
Yang ini sama sekali tidak bermaksud menjadi manja sepwrti anak kecil. Tetapi mandi air hangat sangat efektif dalam menyeimbangkan suhu badan kita.
5. Menjaga nutrisi makanan
Makanan kita juga harus diperhatikan. Apa yang kita makan sangat berpengaruh dengan kesehatan kita. Bila kita kehujanan sangat penting untuk kita memakan sesuatu. Itu berguna agar didalam tubuh kita terjadi proses pembakaran. Sehingga suhu tubuh kita kembali seimbang.
6. Melakukan olahraga
Memang bila hujan tiba kita tidak mungkin melakukan olahraga oudoor. Tetapi sangat penting bagi kita untuk tetap berolahraga. Gerakan gerakan ringan seperti push up, lari ditempat, dan beberapa gerakan senam ringan harus kita lakukan setiap hari. Ini bertujuan agar peredaran darah kita lancar, sehingga kita tetap bugar.
Semoga tips sederhana twrsebut bermanfaat.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe

Flickr